Sabtu, November 22, 2008

Ingin Cantik? Konsumsi Alpukat

Oleh : Kabelan Kunia

Artikel ini telah dimuat di Harian Pikiran Rakyat, September 2003

Beratus- ratus tahun lamanya suku- suku kuno bangsa Indian, seperti Aztec, Maya dan Inca percaya bahwa alpukat berpengaruh baik terhadap kulit, baik dikonsumsi langsung maupun digunakan pada kulit.

Kini, lewat ilmu pengetahuan, terbukti bahwa alpukat memang kaya vitamin, mineral dan minyak alami. Lebih lengkapnya, alpukat banyak mengandung vitamin A, C dan E, zat besi, potasium, niasin, asam pantotenik serta protein yang tidak biasanya terdapat dalam buah. Semua zat ini berguna bagi keindahan dan kesehatan kulit.

Alpukat termasuk buah yang memiliki khasiat bagi kecantikan. Daging buahnya bisa digunakan untuk melembapkan rambut dan juga sebagai masker wajah.

Tapi, ternyata khasiat alpukat tidak hanya sebatas pada daging buahnya saja. Kulitnya pun bisa digunakan sebagai pelembap yang sekaligus mampu mempertahankan foundation dan bedak tetap awet di wajah.

Bagian dalam kulit alpukat mengandung humectant, yaitu sejenis substansi pelembap kulit. Sedangkan getahnya berfungsi sebagai 'perekat' yang dapat mempertahankan foundation sehingga bedak melekat awet di wajah. Gosokkan secara lembut ke seputar wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah wajah menggunakan air dingin. Lakukan malam hari sebelum Anda tidur, karena malam hari adalah waktu yang tepat bagi kulit untuk bekerja. Wajah yang terjaga kelembapannya membuat make- up bertahan lama.

Beberapa resep kecantikan praktis berikut ini bisa diolah sendiri di rumah. Haluskan setengah buah alpukat matang lalu campurkan dengan 1 butir kuning telur dan setengah cangkir susu. Aduk rata. Gunakan sebagai susu pembersih. Gunakan toner sesuai jenis kulit wajah sesudahnya.

Mata lelah atau sembap, kupaslah alpukat lalu potong tipis- tipis menyerupai lempengan. Kemudian digunakan untuk menutupi mata yang lelah atau sembap. Diamkan selama 20 menit. Bersihkan sisa alpukat yang menempel dengan air dingin.

Eksfoliator (mengelupas kulit mati), campurkan 1 buah alpukat, 1 butir putih telur, 1 sendok makan perasan lemon dan 2 sendok makan oatmeal dalam mangkuk kecil. Aduk hingga rata dan benar-benar halus. Oleskan pada telapak tangan hingga pergelangan tangan. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Oatmeal berfungsi sebagai

Menghaluskan Kulit, buah alpukat dilumatkan, balurkan pada wajah dan tangan yang sudah dibersihkan dengan air hangat selama sekitar 30 menit.

Kulit Kering, sebuah alpukat dilumatkan sampai halus, balurkan merata pada wajah, setelah kering cuci wajah dengan air hangat, lalu oleskan wajah dengan es batu. (Belan)****

Tidak ada komentar: