Minggu, Juli 31, 2011

Silaturahim : Indahnya Kebersamaan

Kebersamaan Keluarga dengan Makan Bersama

Besok Senin, 01 Agustus 2011 umat Muslim seluruh dunia akan menjalankan ibadah Shaum Ramadhan selama sebulan penuh. Ramadhan merupakan bulan suci untuk meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT. Bulan Ramadhan juga merupakan satu momen untuk pengendalian diri dan mempererat tali silaturahim dan kebersamaan.  

Memang sangat indah dan bermakna ketika Ramadhan dijalankan bersama-sama dengan keluarga dan kerabat terdekat. Mudahan-mudahan Ramadhan kali ini merupakan bulan terbaik yang terimplementasikan dalam diri kita untuk memperkuat tali silaturahim dan kebersamaan dalam keluarga dan sesama.


Kebersamaan Keluarga dengan Bermain Bersama

Sifat amanah atau kejujuran bisa didapatkan lewat ibadah puasa. Manfaat ibadah puasa akan kita bawa dalam kehidupan sehari-hari. Lewat puasa juga kita dilatih melakukan dan mempererat rasa kasih sayang antara sesama dan semua mahluk Nya. Indahnya kebersamaan terbalut sifat amanah dan hati yang mengutamakan kejujuran. Sifat amanah dan hati yang jujur dapat dengan mudah dan ikhlas membangun kebersamaan dengan semua orang dalam aktivitas kehidupan. Tidak akan ada kecurigaan, ketakutan, kemarahan, kebencian dan dendam dalam pergaulan antar sesama.

Kebersamaan Keluarga dengan Rekreasi Bersama


Silaturahim bukan hanya ditandai dengan saling berbalasan salam tangan atau memohon maaf belaka. Bila mencermati dari asal katanya, yakni shilat atau washl, yang berarti menyambungkan atau menghimpun, dan ar-rahiim yang berarti kasih sayang, maka silaturahim dapat diartikan sebagai menghubungkan kasih sayang antar sesama. Silaturahim juga bermakna menghubungkan mereka yang sebelumnya terputus hubungan atau interaksi, dan memberi kepada orang yang tidak memberi kepada kita.


Kebersamaan Keluarga dengan Berkumpul Bersama
Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Hurairah dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, beliau bersabda: "Belajarlah dari nasab kalian yang dapat membantu untuk silaturrahim karena silaturrahim itu dapat membawa kecintaan dalam keluarga dan memperbanyak harta, serta dapat memperpanjang umur."

Betapa pentingnya silaturahim dalam hubungan antar sesama, Rasulullah saw berpesan “Sayangilah apa yang ada di muka bumi, niscaya Allah dan semesta alam akan menyayangimu” (H.R Tirmidzi), yang dapat diartikan bahwa hak saling berkasih sayang dan silaturahim tidak terbatas pada kerabat, tetapi sesama makhluk ciptaan Allah SWT.


Kebersamaan Keluarga dengan Bergembira Bersama
Rasulullah SAW juga pernah bersabda bahwa “Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan tali silaturahim.” Sudah ada balasan dari Allah bagi orang yang bersilaturahim yaitu surga, dan sebaliknya bagi orang yang memutuskan tali silaturahim yaitu neraka!!. Begitu besarnya balasan Allah sehingga begitu besar juga cobaan yang akan dihadapi. 

Silaturahim adalah kunci terbukanya rahmat dan pertolongan Allah SWT. Dengan terhubungnya silaturahim, maka ukhuwah Islamiyah akan terjalin dengan baik. Semoga kita bisa meraih surga Nya dengan membina silaturahim antar sesama, Amin (Kabelan Kunia/31/07/2011)
Wallahu A’lam

Tidak ada komentar: