Senin, September 13, 2010

Menikmati Pantai Panjang Bengkulu


Minggu siang (12/09/2010) kami keluarga besar Ilyas Suud menikmati indahnya Pantai Panjang di Bengkulu. Jarak yang cukup dekat dan jalan yang mulus meski berkelok telah kami lewati dari Kota Lubuk Linggau. Selama 3 jam perjalanan dalam kepenatan dan kelelahan, dapat terobati ketika tapak kami menginjak butiran pasir putih yang menghampar panjang di bibir pantai yang sangat panajang ini.

Pemandangan dan suasana yang sangat menggairahkan berada di pingir pantai dengan pasir putih bersih yang terhampar. Namun sayangnya, pantai ini sepertinya tidak terawat dengan baik. Fasilitas umum yang menjadi standar minimal di sini tidak kami temui, seperti toilet dan kamar mandi yang layak. Lokasi tempat makan yang higienis dan nyaman sulit kami dapati di sini. Jika kita ingin menikmati es kelapa yang menjadi ciri khas pantai-pantai di Indonesia, sulit kami dapatkan di sepanjang pantai. Menu seafood yang beragam dan merangsang, relatif tidak kita temui. Bahkan kampung nelayan yang kami lewati, tidak menawarkan hasil tangkapannya kepada pengunjung yang datang dari berbagai kota.

Hotel, bungalow atau penginapan yang nyaman sangat sedikit kami temukan. Ada sebuah penginapan sederhana sempat kami tanyakan dan lihat, meski harganya relatif murah, tapi sangat tidak layak untuk dinikmati bersama keluarga besar kami.

Mendapatkan kesan yang kurang memuaskan ini, kami akhirnya bergegas pulang kembali ke Lubuk Linggau. Selamat tinggal Pantai Panjang Bengkulu. Kondisi dan suasana yang aku rasakan 20 tahun yang lalu di sini, tidak jauh berbeda yang akan nikmati saat ini. Rupanya waktu yang sangat lama itu tidak membuat pantai ini menjadi lebih baik dan berbenah.

Tidak ada komentar: