Senin, Agustus 22, 2011

Ketika Seorang Anak Menanyakan Apa itu DOSA???




NAJLA, itulah nama gadis kecil kami yang baru berumur 3,8 tahun. Suatu ketika saat Dia berbuat sebuah kesalahan, aku sempat memberi teguran "Adek kalo bikin dosa, ntar dimarahin oleh Allah loh.. Adek nanti dijewer sama Allah". tegurku sembari menjentikkan jemari ke telinga kanannya.

"Emang Ayah Allah gitu??" elaknya sembari memandangiku yang sontak kagek dan tidak menduga atas tangkisan dengan kalimat yang bagiku amat sulit untuk dijelaskan. Aku tersadar, karena menjentikkan telinganya, Dia berpikir apakah aku Allah, karena menghukum Dia saat berbuat dosa.

Apa demikian kritisnya anak-anak sekarang?? Atau ada yang salah dalam cara kami mendidik si gadis kecil ini. Terkadang banyak sekali lontaran-lontaran pertanyaan yang diluar dugaan kami sebagai orang tua. Dua pertanyaan di atas merupakan pertanyaan kritis terakhir yang dia ajukan ke kami. Pernah suatu kali Dia menanyakan apa itu surga, kemudian menanyakan dimana Allah SWT itu berada? Terus kami jawab, Allah ada di atas langit. Sontak Dia menatap langit, kemudian berkomnetar "Dimana sih Allah itu Ayah, kok tidak ada di langit? Itu kan awan..?" tanyanya sembari memandang langit yang berawan.

Atas pertanyaanya  tentang apa itu dosa, kami coba berdiskusi untuk memberikan jawabanya yang pas dan mudah dicerna oleh otak 'ciliknya'. Jawaban kami kompak; "Dosa adalah perbuatan jelek yang dilakukan De' Najla. Misalnya kalo De' Najla marah-marah sama Ibu atau De' Najla suka mukulin Teh Fawwaz, maka itu adalah dosa". terang kami dengan hati-hati sembari mengamati apa si kecil ini mengerti apa tidak. Nampaknya dia cukup mengerti. Buktinya, ketika Dia berbuat seperti yang disebutkan, sontak Dia sadar dan berhenti melakukannya, meskipun sering juga diulangi kesalahan tersebut hehe.... Ah, dasar anak kecil.....

Memang harus sabar mengajarkannya sembari memberi pengertian akan hal-hal yang baik dan jelek. Bukankah hakekatnya Pahala dan Dosa seperti halnya perbuatan Baik dan Jelek??

Tidak ada komentar: